Sadari Kesehatan Gigi Anak

-

Pediatric dentistry atau kedokteran gigi anak adalah cabang kedokteran gigi yang berhubungan dengan perawatan gigi untuk kelompok pasien tertentu – dari bayi, balita, anak-anak hingga remaja. Mereka juga terlatih untuk merawat pasien dengan kebutuhan khusus termasuk penyandang cacat medis, fisik atau mental.

Mengapa penting menjaga kesehatan gigi dan mulut anak?

“Menjaga kesehatan gigi anak merupakan salah satu hal yang tidak dapat kita abaikan begitu saja. Rongga mulut merupakan akses masuknya makanan dan nutrisi yang penting bagi anak, ada banyak dampak yang dapat ditimbulkan oleh kerusakan pada gigi anak, salah satu di antaranya ialah berubahnya bentuk mulut dan tatanan gigi pada saat anak dewasa nanti dan mengganggu tumbuh kembang anak secara keseluruhan. Maka dari itu, perlu adanya pencegahan terhadap resiko kerusakan pada gigi anak-anak kita agar kita tetap dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya serta memberikan hasil yang terbaik bagi anak-anak kita,” ungkap drg. Henny. O. Danan, SpKGA, MPH

IMG_5500Kapankah seharusnya kunjungan pertama anak ke dokter gigi?

Menurut drg. Henny O. Danan, SpKGA, MPH kunjungan pertama anak Anda ke dokter gigi diharapkan di saat gigi anak pertama tumbuh (dalam keadaan normal), hal ini dilakukan lebih untuk preventif dan edukasi kepada orang tua bagaimana cara membersihkan dan merawat gigi anak, setelah itu dilakukan pemeriksaan berkala selama 6 bulan sekali. Dokter gigi akan memantau pertumbuhan dan perkembangan gigi dan rahang. Hal ini akan membantu dalam mencegah, dan atau menghentikan kebiasaan yang tidak normal dan perencanaan untuk mengoreksi kelainan untuk pertumbuhan normal di masa depan. Aspek penting lainnya dari kunjungan pertama adalah:
• Memperkenalkan anak dengan kedokteran gigi di lingkungan yang “bebas stress”
• Mendiskusikan kebiasaan baik untuk menjaga kebersihan & kesehatan gigi dan mulut
• Pola makan/minum yang cocok untuk kesehatan gigi
• Mencegah kebiasaan-kebiasaan yang tidak men guntungkan bagi kesehatan gigi dan mulut.

Apa yang biasanya dilakukan pada kunjungan pertama?

Pada umumnya, kunjungan pertama ini hanya sebagai masa orientasi anak terhadap suasana klinik, dokter gigi, dan perawat. Biasanya dibutuhkan kesabaran lebih dari orang tua maupun dokter yang merawat karena mungkin saja anak tiba-tiba merasa cemas dan takut memasuki lingkungan yang baru.
“Kunjungan pertama ini dilakukan dengan singkat dan nyaman untuk anak karena saat ini merupakan saat yang penting untuk membangun kepercayaan si kecil terhadap dokter gigi. Kepercayaan anak ini menjadi sangat krusial bila nantinya ia memerlukan perawatan gigi lebih lanjut.” Kata drg. Henny O. Danan, SpKGA, MPH

Perlukah dilakukan kunjungan berikutnya ?

“Seperti orang dewasa, anak-anak juga harus dibiasakan untuk memeriksakan gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali. Pada beberapa kasus, dokter gigi akan menyarankan untuk kunjungan setiap 3 bulan sekali bila usia anak masih sangat kecil untuk membantu membangun kenyamanan dan kepercayaan anak terhadap dokter gigi.” Kata dokter gigi Henny.

Rumah Sakit Jakarta melalui Jakarta Dental Clinic menyediakan layanan kedokteran gigi anak yang telah dibuka pada tanggal 1 September 2014. Dengan dokter-dokter spesialis dibidang kedokteran gigi anak yang telah berpengalaman serta beberapa fasilitas penunjang yang telah disiapkan, diupayakan anak tidak cepat bosan dan tidak takut saat berada di ruang pemeriksaan.

 

Untuk informasi selanjutnya, silahkan hubungi dokter gigi di Jakarta Dental Clinic – RS Jakarta

Jl. Garnisun No. 1 Jend. Sudirman, Jakarta 12930 tlp. 021 573 2241 ext 132