Kenali tanda dan Gejala Sakit Kepala

-

sakit kepala

Rasa sakit merupakan suatu tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada kesehatan tubuh kita, ada rasa sakit yang tidak perlu dirisaukan tetapi ada pula rasa yang perlu kita waspadai bahkan tidak boleh kita abaikan. Seperti sakit kepala, bila kita terserang sakit kepala yang mendadak kita perlu hati-hati karena mungkin itu suatu sinyal yang tidak bisa kita abaikan.

 

 

Berikut adalah tanda-tanda sakit atau nyeri kepala yang perlu kita perhatikan antara lain :

1. Bila muncul tiba-tiba nyeri kepala yang hebat.

2. Bila disertai  kelainan neurologik berupa perubahan fungsi kognitif (daya ingat), mental, baal/kesemutan, gangguan keseimbangan, kelemahan satu sisi tubuh, gangguan penglihatan, kesulitan berbicara, kejang dan terjadinya perubahan kesadaran.

3. Disertai gejala sistemik seperti sesak nafas, mual dan muntah, demam dan penurunan berat badan

4. Nyeri kepala yang terjadi setelah trauma/cedera kepala

5. Nyeri kepala yang pertama kali muncul pada usia > 55 tahun

6. Bila setelah diberi obat anti nyeri pun, nyeri kepala tidak berkurang

7. Bila anda merasakan nyeri kepala yang paling berat seumur hidup

Bila hal tersebut diatas dialami oleh anda , segera konsultasikan dengan dokter anda dan jangan ditunda-tunda , karena hal tersebut mungkin merupakan indikasi penyakit serius seperti :

1, Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster ditandai rasa sakit yang sangat parah di satu sisi kepala, bisa berlangsungsatu menit atau dua jam sekali, kerap terjadi pada malam hari dan biasanya dipicu oleh stres. Sakit kepala ini biasanya lebih banyak menyerang kaum wanita.

2.  Stroke

Sakit kepala yang datang secara tiba-tiba, sering diikuti rasa sakit di belakang salah satu mata serta disertai satu atau beberapa bagian tubuh yang tiba-tiba sulit digerakkan. Jika mengalami kejadian tersebut segera konsultasikan ke dokter anda paling lama 3 jam setelah serangan.

3. Glukoma

Merupakan salah satu penyakit mata yang dapat menyebabkan pandangan mata  semakin berkurang dan dapat menyebabkan kebutaan dengan gejala sakit kepala tiba-tiba yang terasa “tajam” dengan diikuti pandangan yang agak kabur. Segeralah konsultasikan dengan dokter anda.

4. Infeksi Bakteri

Sakit kepala hebat yang mendadak bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri yang ditandai oleh mual, muntah, leher kaku dan lesu. Salah satu sakit kepala yang disebabkan infeksi bakteri adalah meningitis. Segeralah konsultasi dengan dokter anda.

5. Trauma

Akibat benturan keras atau pernah mengalami keretakan atau patah tulang, kerap diikuti hilanya kesadaran. Jika mengalami hal tersebut segera diberi penanganan medis.

6.  Trigeminal Neuralgia

Merupakan peradangan saraf, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan selanjutnya.

7. Keracunan

Keracunan karbon monoksida bisa menyebabkan rasa sakit yang menusuk pada kepala.

8. Temporal Arteritis

Merupakan suatu peradangan pada arteri besar yang berhubungan dengan arteri dari otot, mata dan jaringan dengan ditandai sakit yang berdenyut dan hebat di satu sisi kepala dan akan bertambah sakit bila disentuh. Kerap terjadi pada wanita.

Jika Anda merasakan sakit kepala dengan tanda-tanda bahaya di atas, segera periksakan diri anda ke dokter.

Jangan ditunda-tunda dan berpikir gejala akan hilang dengan sendirinya.

Penyakit dengan kegawatdaruratan membutuhkan penanganan secepat mungkin.

 

sumber : disarikan dari berbagai sumber