MENGENAL JENIS PENYAKIT TULANG

-

penyakit tulang2

Sumber : www. health.kompas.com

Keberadaan tulang pada tubuh manusia  tidak perlu diragukan manfaatnya karena  selain sebagai penyangga  tubuh  manusia juga mampu membantu membentuk tubuh, membantu melindungi organ dalam yang penting bagi tubuh bahkan dimanfaatkan oleh otot-otot sebagai tempat untuk melekat.

Tulang merupakan jaringan sel yang di dominasi oleh matrik kolagen yang disebut osteoid. Osteoid ini termineralisasi oleh kalsium menjadi kaku dan bahkan kekuatan tulang manusia dikatakan lebih kuat dari beton. Pertumbuhan tulang dimulai dari bayi hingga dua dekade dalam susunan yang teratur.

Tetapi walaupun dikatakan tulang manusia dikatakan lebih kuat, bukan berarti tidak mudah terkena penyakit bila kita tidak memperhatikan kesehatan tulang. Penyakit yang terjadi pada tulang kadang kala tidak disadari oleh kita dan baru disadari setelah penyakit tersebut tak bisa diobati.

Biasanya yang sering terkena penyakit tulang menyerang manusia pada usia rentan tetapi tidak memungkinkan juga  terjadi pada usia dini. Oleh karena itu informasi mengenai penyakit tulang sangat dibutuhkan sehingga kita semua mengenal gejala dan tanda-tanda tulang kita yang sakit  serta kita dapat segera mengantisipasinya dan kita dapat bekerja atau beraktifitas seperti sedia kala.

Ada banyak jenis penyakit tulang tetapi masyarakat lebih mengenal salah satu penyakit tulang yaitu osteoporosis atau pengeroposan tulang. Rata-rata semua penyakit tulang disebabkan oleh kurangnya kalsium yang diserap oleh tubuh. Kalsium yang masuk ke dalam tubuh kita umumnya akan disimpan ke dalam tulang. Penyimpanan itu berguna untuk menjaga kesehatan tulang di masa yang akan datang. Akan tetapi, bila tubuh tidak disuplai dengan kalsium yang cukup, maka otak akan mengambil cadangan kalsium tersebut, maka di dalam tulang tidak ada lagi penyimpanan

Sebagai bagian dari tubuh manusia, tulang pun tak lepas dari serangan berbagai penyakit. Beberapa jenis penyakit tulang dapat diredakan rasa sakitnya dengan perawatan sendiri di rumah, namun beberapa lainnya harus ditangani oleh dokter.

Itulah mengapa perlu kiranya Mengenal Jenis Penyakit pada Tulang sehingga lebih mudah untuk mencegahnya karena keberadaan dan kesehatan tulang juga sangat berpengaruh dalam kegiatan sehari-hari. Marilah kita mengenal penyakit tulang lebih lengkap untuk menambah pengetahuan kita.

 

Kenali Penyakit Tulang

1. Osteoporosis

Merupakan penyakit yang familiar di masyarakat, Penyakit ini  disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium dalam tubuh atau penyakit yang biasanya menyerang manula dan wanita menopause. Penyakit ini dapat menyebabkan tingkat kepadatan tulang menurun dan osteoporosis juga akan menggerogoti kekuatan yang ada pada tulang, sehingga tulang menjadi sangat rapuh dan mudah sekali patah.

2. Osteonmleitis

Osteonmleitis penyakit ini disebabkan oleh bakteri  atau sepsis yang menyebar ke dalam tubuh dan menyebabkan kekuatan tulang menjadi hilang. Penyakit ini kemudian akan membuat tulang kehilangan kekuatannya

3. Osteomalacia

Penyakit Osteomalacia  ini hamper sama dengan osteoporosis yang dapat membuat tulang menjadi sangat lemah dan sapat menyebabkan tulang menjadi sangat rapuh dan mudah patah. Penyakit ini disebabkan kurangnya asupan vitamin D di dalam tubuh atau terjadi kesalahan metabolisme dalam tubuh.

4. Rickets

Pada umumnya, penyakit rickets ini terjadi pada anak-anak yang sedang bertumbuh. Penyakit ini disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi kalsium, sehingga terjadi penumpukan kalsium dalam tulang yang menyebabkan susunan tulang menjadi abnormal. Biasanya diakibatkan karena terlalu banyak minum susu kalsium atau karena paparan sinar matahari.

5. Osteoarthritis

Penyakit ini merupakan munculnya peradangan pada sendi, yang biasanya menyerang daerah lengan, pergelangan lutut, kaki, bahu, pinggul, dan lainnya. Penyakit ini lebih dikenal dengan nama rematik dan biasanya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Saat nyeri menyerang sebaiknya hindari mandi dengan air dingin sehingga persendian pun tidak akan terlalu nyeri. Penyakit ini biasanya terjadi juga pada wanita yang suka mengenakan sepatu hak tinggi, karena kaki tidak berdiri sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, sebaiknya kenakan sepatu beralas rendah sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang kita.

5. Gout

Penyakit ini disebabkan oleh terbentuknya endapan Kristal monosodium glutamate urat yang berkumpul pada sendi.  Pada awalnya penderita hanya akan merasakan nyeri pada beberapa bagian tertentu saja  dan biasanya menyerang  penderita secara mendadak dan terjadi berulang-ulang. Penyabeb lainnya adalah tingginya kadar asam di dalam darah. Penyakit ini juga lebih sering disebut sebagai asam urat dan penderitanyaa harus senantiasa mengontrol kadar asam di dalam tubuhnya agar tidak terjadi serangan asam urat.

6. Systematic Lupus Erythematosus (SLE)

Merupakan penyakit antiimun, dimana seharusnya sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh, namun malah sebaliknya menyerang tubuh dan melawan dirinya sendiri. Pada umumnya penderita lupus akan merasakan ngilu yang luar biasa pada tulangnya dan sayangnya obat untuk peyakit ini sampai saat ini belum ditemukan.

7. Rakhitis.

Biasanya  jenis penyakit ini dialami sejak saat masih usia anak-anak Jenis penyakit pada tulang yang terjadi akibat pertumbuhan tulang yang kurang baik. Hal ini biasanya bisa dilihat dari tulang kaki yang berbentuk huruf O atau X. Itulah sebabnya agar buah hati tidak mengalaminya, penyakit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin D juga bisa diperoleh pada sinar matahari pagi yang sangat membantu pembentukan vitamin D yang sangat baik untuk tulang. Mengajak buah hati berjemur di pagi hari adalah langkah pencegahan yang paling mudah.

8. Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan salah satu penyakit tulang yang paling lazim dan biasanya disebabkan tulang menjadi sasaran tenaga mekanis seperti ketika mengangkat beban, membawa beban atau melompat. Selain itu juga disebabkan obesitas atau kegemukan yang membuat sikap tubuh tidak lurus yang menyebabkan melemahnya susunan tulang punggung. Penyebab lain antara lain dapat disebabkan kehamilan, menstruasi, penyakit ginja, penyakit infeksi, keletihan, Radang sendi menahun dan ada piringan sendi yang tergelincir. Jika rasa penyakit tulang punggung ini menyerang, berbaringlah dengan santai di tempat tidur yang kokoh. Dapat juga dengan mengompres bagian yang sakit dengan air panas atau dipijit. Jika sakit punggung terasa berkepanjangan dan sangat menyiksa, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

9. Kaki Bengkok

Kaki yang bengkok terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau karena tulang itu rapuh. Bisa juga terjadi karena penyakit beri-beri, polio, bahkan lumpuh otak. Berat badan dan kebiasaan duduk di lantai dengan melipat kaki juga dapat membuat kaki menjadi bengkok. Kaki bengkok yang terjadi pada usia dewasa mungkin disebabkan oleh radang sumsum tulang, patah tulang, tulang sendi yang memburuk, atau penyakit sifilis tulang. Penyakit tulang seperti ini tidak dapat diobati sendiri di rumah namun harus segera ditangani oleh tenaga medis.

10. Pembengkakan Ibu Jari (Bunions)

Merupakan pembengkakan pada jaringan sendi ibu jari kaki yang menjadi lunak dan sangat sakit. Penyakit ini biasanya menyerang kedua ibu jari kaki pada saat yang bersamaan. Penyebabnya  terjadi akibat penggunaan sepatu yang tidak cocok, berujung lancip, atau kesempitan. Sepatu yang sempit itu memaksa dan menekan jari-jari kaki. Tulang sendi jadi menonjol dan lebih mudah mendapat tekanan.

 

10. Lengkungan Tulang Punggung (Kyphosis, Lordosis, Scoliosis)

Kyphosis adalah tulang punggung yang melengkung dengan bongkol menonjol ke belakang. Kyphosis ini sering disebabkan oleh TBC pada tulang punggung. Lordosis adalah tulang punggung yang melengkung di bagian bawah. Sedangkan Scoliosis adalah tulang punggung yang melengkung ke samping. Lengkungan tulang punggung ini dapat terjadi karena posisi tulang punggung yang salah terus saja dibiarkan dalam waktu yang lama atau karena kurang berolah raga.

11. Calcaneal Spur (Sakit pada Tumit)

Sakit pada tumit ini terjadi akibat ketegangan yang berlebihan karena memikul beban berat. Akibatnya, timbul tonjolan tulang seperti taji di bawah tulang tumit. Merendam kaki yang sakit di dalam air panas dan mengurutnya satu dua kali sehari dapat membantu melancarkan peredaran darah di kaki dan mengurangi rasa sakit. Jika sakit di tumit ini terasa terus mengganggu, sebaiknya segera berobat ke dokter.

 

Pencegahan dan Perawatan Penyakit Tulang.

Agar kita tidak terkena penyakit tulang sebaiknya kita menjaga kesehatan tulang dengan merawat dan melindungi tulang dengan :

a) Berolahraga teratur akan mengurangi risiko terkena penyakit tulang. Dengan banyak bergerak, komposisi tulang akan padat dan dapat dihindari keropos atau patah tulang.

b) Asupan makanan harus yang bergizi dan berserat tinggi. Usahan untuk mengonsumsi susu berkalsium tinggi.

c) Melakukan diet seimbang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D.

d) Dianjurkan untuk tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

e) Melakukan tes kekuatan tulang secara rutin.

f) Jika Anda merasa ada keluhan di seputar tulang atau persendian, segera berkonsultasi ke dokter.

Dan yang perlu kita ingat tulang dan tubuh adalah anugerah tuhan yang wajib kita syukuri dan jaga. Oleh karena itu menjaga kesehatan tubuh serta tulang adalah hal yang patut kita lakukan sebagai rasa syukur dan upaya merawat kesehatan.

 

Sumber : Disarikan dari berbagai sumber