Kenali Kanker dan Pencegahannya!

-


Kanker adalah penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali. Gejala kanker dapat berupa munculnya benjolan yang tidak lazim, terjadi perubahan pada kulit, adanya masalah pada kelenjar getah bening, penurunan berat badan tanpa sebab, batuk atau sesak napas berkepanjangan, rasa sakit tanpa sebab dan perdarahan tidak normal.

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko terkena kanker, antara lain adalah:

  • Riwayat keluarga. 
  • Usia.

Individu di atas usia 65 tahun lebih berisiko untuk mengalami kanker.

  • Kebiasaan buruk. 

Mengkonsumsi alkohol berlebihan, merokok, paparan sinar matahari berlebihan, obesitas, dan hubungan seks yang tidak aman dapat memicu terjadinya kanker.

  • Kondisi kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan kronis, seperti peradangan pada usus juga dapat meningkatkan resiko munculnya kanker jenis tertentu.

  • Lingkungan hidup. 

Bahan kimia berbahaya seperti asbes dan benzena di rumah atau tempat kerja bisa menjadi faktor yang meningkatkan risiko penyakit ini.

Agar terhindar dari kanker, Sahabat Sehat perlu melakukan pencegahan sejak dini dan dimulai dari sekarang! Langkah yang dapat Sahabat Sehat lakukan untuk mencegah kanker adalah:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan dapat memberikan nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh dan daya tahan tubuh pun dapat meningkat.

Jangan lupa untuk membatasi juga konsumsi makanan olahan yang cenderung tinggi kalori, lemak tak sehat, dan gula tambahan, serta dapat meningkatkan penumpukan lemak karena ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.

2. Rutin berolahraga

Menjaga berat badan ideal melalui berolahraga adalah kunci untuk mencegah kanker. Usahakan untuk berolahraga paling tidak 30 menit sehari.

3. Menghindari asap rokok dan minuman beralkohol

Rokok merupakan salah satu faktor risiko terbesar terjadinya kanker. Selain kanker paru-paru, merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kerongkongan, tenggorokan, mulut, ginjal, kandung kemih, pankreas, perut, dan leher rahim.

Selain merokok, sering mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan risiko Sahabat Sehat untuk mengalami kanker. Hal ini dikarenakan alkohol memiliki sifat karsinogenik yang dapat merusak sel-sel tubuh dan memicu munculnya penyakit kanker.

4. Melakukan deteksi dini

Pada stadium awal, kanker sering kali tidak menimbulkan gejala. Gejala biasanya baru dirasakan setelah kanker berada di stadium lanjut. Oleh karena itu, Sahabat Sehat perlu melakukan deteksi kanker sejak dini sebagai salah satu cara untuk mencegahnya. 

Jika Sahabat Sehat masih memiliki pertanyaan seputar cara mencegah kanker atau risiko kanker pada diri sendiri dan anggota keluarga, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!