Mengenal Tuberkulosis dan Cara Pencegahannya

-

Mengenal Tuberkulosis dan Cara Pencegahannya

Hai, Sahabat Sehat! Tuberkulosis atau TBC merupakan jenis penyakit menular yang merusak jaringan paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Sahabat Sehat tidak perlu khawatir, karena kita dapat melakukan pencegahan penyakit TBC dengan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Pemberian Vaksin BCG
    Vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG) telah teruji efektif untuk mencegah TBC sampai seseorang berusia 35 tahun. Efektivitas BCG bisa meningkat bila tidak ada pengidap TBC di lingkungan tempat tinggal kamu. Vaksin ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1920-an dan paling banyak digunakan untuk memvaksin hampir 80% bayi baru lahir di seluruh dunia.
  2. Diagnosis Sejak Dini
    Pencegahan penyebaran TBC akan efektif bila dilakukan diagnosis dan pengobatan sejak dini.
  3. Menjaga Lingkungan Tempat Tinggal
    TBC adalah penyakit yang menular melalui udara saat penderita TBC bersin atau batuk. Risiko infeksi dapat diminimalisir dengan membuat sistem sirkulasi udara atau ventilasi yang bagus di rumah. Berikan juga pencahayaan yang cukup bagi rumah. Sinar UV dari matahari mampu membunuh bakteri TBC.
  4. Tingkatkan Sistem Imun
    Sistem imun bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga. Sistem imun yang baik membantu Sahabat Sehat terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk bakteri penyebab TBC ini.