Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

-

Banyak orang yang melewatkan waktu pemanasan, atau melakukan pemanasan secara singkat. Padahal, ada beragam manfaat pemanasan yang benar sebelum olahraga, terutama jika dibarengi dengan pendinginan. Salah satunya mencegah cedera serta kram dan pegal pasca-olahraga.Ibarat mesin, setelah lama tak dipakai, otot-otot tubuh kita juga bisa menjadi “dingin” dan kaku. Nah, pemanasan yang cukup penting untuk mempersiapkan tubuh untuk dipakai bergerak, otot pun jadi lebih fleksibel.

Pemanasan dan peregangan sebaiknya dilakukan dalam kapasitas ringan, pemanasannya berlebihan justru menyebabkan cedera sendi

 

Apa Arti Pemanasan ?

Pemanasan olahraga adalah gerakan pendahuluan sebelum melakukan olahraga utama supaya otot-otot tubuh yang terlibat dalam aktivitas gerak siap dan tidak menimbulkan cidera pada otot atau persendian.

Bagaimana Cara Melakukan Pemanasan?

Pemanasan selama 5-10 menit sudah cukup sebelum melakukan olahraga intensitas ringan. Sementara itu, untuk olahraga yang lebih berat, lakukan pemanasan sekitar 10-15 menit.

Manfaat Pemanasan Yang Benar Sebelum Olahraga

Beberapa manfaat pemanasan yang benar sebelum olahraga, antara lain:

  1. Meningkatkan suhu tubuh
  2. Menaikkan aliran darah dan denyut jantung untuk mempersiapkan bekerjanya sistem jantung dan pembuluh darah
  3. Mengurangi adanya kram dan pegal pada otot.