Penyakit Maag

-

Penyakit maag dan asam lambung ‘akrab’ dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Keduanya sering dianggap mirip, padahal maag dan asam lambung berbeda namun sama-sama tidak dapat dianggap remeh. Penyakit maag dan asam lambung ‘akrab‘ dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Keduanya sering dianggap mirip, padahal maag dan asam lambung berbeda namun sama-sama tidak dapat dianggap remeh.

Penyakit maag dalam istilah medis di sebut penyakit gastritis atau tukak lambung, dimana penyakit ini bukanlah penyakit sebenarnya, melainkan penyakit maag adalah suatu gejala dari peradangan pada lambung yang di sebabkan oleh virus/bakteri Helicobacter pylori yang mengakibatkan luka di lambung. Akan tetapi, ada juga faktor lain yang bisa memicu maag seperti seperti Stres, pola hidup tak sehat dan pola makan yang tidak teratur.

Sakit lambung berupa maag pun ada 2 jenisnya, yaitu:

  • Gastritis akut. Yang mana inflamasi terjadi secara mendadak, tiba-tiba aja gitu.
  • Gastritis kronis. Yang mana inflamasi terjadi secara perlahan-lahan.

Penyebab-Maag-Akut

Selain itu, sakit lambung berupa maag juga terbagi berdasarkan level keparahannya:

  1. Maag Ringan memiliki gejala asam lambung berlebih.
  2. Maag Sedang memiliki gejala sakit perut dan mual yang menyakitkan.
  3. Maag Kronis, memiliki gejala yang lebih dari maag sedang, kemungkinan terjadi adanya peradangan atau adanya luka pada mukosa lambung.
  4. Maag Akut, dimana maag yang lebih parah lagi memiliki gejala terdapat adanya borok, infeksi pada lambung, maupun infeksi mikroorganisme merugikan yang di sebut Helycobacter Pylori.
  5. Kanker Lambung adalah tahapan akhir dimana kondisi ini sudah sangat parah dan harus segera di tangani medis yang serius.

Beberapa hal dibawah ini adalah Gejala Maag yang sering muncul :

  • Perut sakit, atau di ulu hati
  • Perasaan mual – Mual serasa ingin muntah
  • Lidah seperti terlapisi lendir tebal dan napas berbau busuk.
  • Sendawa hampir tanpa henti.
  • Perasaan kenyang, padahal perut masih kosong
  • Rasa sakit yang ringan sampai nyeri yang hebat. Anda merasakan nyeri antara ujung bawah tulang dada dan pusar yang disebut daerah epigastrium.
  • Rasa seperti terbakar atau rasa panas yang tidak nyaman. Anda merasakan sensasi panas di daerah epigastrium.

Faktor Penyebab Penyakit Maag

  • Telat makan, faktor penyebab penyakit maag bisa dari pola makan yang tidak teratur, atau sering telat makan. Karena telat makan bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada lambung yang jika sering terulang bisa memicu munculnya tukak lambung atau pun penyakit maag. Maka dari penting sekali menjalani pola makan yang teratur agar tidak akan ada gangguan kesehatan tubuh seperti maag yang akan terjadi.
  • Infeksi bakteri, faktor penyebab penyakit maag bisa dari luar tubuh, sebab dari bakteri yang masuk ke lambung. Bakteri hidup dimana mana termasuk di lingkungan hidup, dan bisa masuk ke dalam tubuh untuk menimbulkan suatu penyakit apabila bakteri menginfeksi tubuh. salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi yakni penyakit maag, jika bakteri masuk ke dalam lambung. Masuknya bakteri ke dalam lambung bisa dari makanan dan juga di dukung oleh daya tahan tubuh yang lemah, maka dari itu tidak sedikit orang yang menderita penyakit maag karena rentan di infeksi oleh bakteri yang ada disekitar.
  • Efek samping obat obatan, yang dapat juga bisa menjadi faktor penyebab penyakit maag yaitu karena efek samping obat kimia. sebenarnya menggunakan obat kimia tidak terlalu baik untuk tubuh tetapi karena kelebihannya bisa cepat mengatasi gangguan kesehatan atau pun penyakit sehingga obat kimia ini sering di gunakan. tetapi apabila penyakit ringan saja sebaiknya gunakan obat herbal saja karena obat kimia bisa memberikan efek samping penyakit atau gangguan kesehatan tubuh. salah satu efek samping yang bisa di dapatkan jika menggunakan obat kimia yaitu penyakit maag terutama obat aspirin, oleh sebab itu faktor penyebab penyakit maag karena efek samping obat.
  • Kafein, jika tidak ingin memiliki luka pada lambung sebaiknya tidak terlalu banyak makan coklat atau pun kopi, sebab coklat dan kopi memiliki kandungan kafein di dalamnya yang bisa menyebabkan penyakit maag atau naiknya asam lambung. Maka dari itu faktor penyebab penyakit maag bisa dikarenakan sering mengkonsumsi kafein.
  • Alkohol, sama halnya dengan kafein, alkohol pun bisa menjadi faktor penyebab penyakit maag, karena kandungan di alkohol pun tidak baik untuk kesehatan lambung dan bagian tubuh lainnya. begitu pula dengan minuman yang mengandung soda juga tidak baik jika di konsumsi terlalu sering.
  • Stress, faktor penyebab penyakit maag bisa juga dikarenakan stress sebab stress akan membahayakan kesehatan fisik juga. stress bisa menyebabkan naiknya asam lambung yang nantinya akan mengikis dinding lambung juga. maka dari itu beban pikiran berat sebaiknya di ungkapkan atau pun belajar mengelola stress agar tidak membahayakan kesehatan lambung dan tubuh lainnya juga.
  • Makanan pemicu asam lambung, faktor penyebab penyakit maag bisa dari produksi asam lambung yang selalu banyak atau pun karena meningkatnya asam lambung. Maka dari itu makanan yang menyebabkan asam lambung naik pun juga bisa menjadi pemicu maag yang sebaiknya tidak dimakan terlalu sering atau pun di makan terlalu banyak.