Sports Medicine

SONY DSCSports Medicine – RS Jakarta merupakan Pusat Layanan Kedokteran Olahraga di RS Jakarta yang memberikan layanan kesehatan mencakup peningkatan kesehatan, kebugaran, pencegahan, pengobatan dan rehabilitasi pasca pemulihan dari sakit. Pelayanan tersebut meliputi : Konsultasi dan pemeriksaan fisik oleh dokter spesialis olahraga, Exercise Theraphy serta pemeriksaan penunjang lainnya.
Sports Medicine RS Jakarta dikelola oleh Tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, bersama-sama dengan Tim Trainer dan Fisioterapis yang berpengalaman dan kompetan dibidangnya.

 

Tim Dokter Sports Medicine, yaitu dr. Grace Tumbelaka, Sp.KO, menjelaskan bahwa beberapa tahun terakhir penyakit-SONY DSCpenyakit degeneratif seperti : Penyakit Jantung Koroner, Hipertensi, Diabetes, Obesitas (Kegemukan), Osteoartritis, Osteoporosis dan kasus-kasus keluhan nyeri otot dan tulang (musculoskeletal) seperti Back Pain, Muscle Imbalance, sampai dengan Skoliosis sering ditemui pada pasien dengan usia yang masih sangat produktif. Salah satu Penyebabnya ditenggarai akibat kurang gerak, salah gerak atau salah posisi bergerak.

Nah, Exercise theraphy merupakan salah satu layanan yang sangat dianjurkan untuk membantu mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diatas. Exercise Theraphy merupakan Terapi latihan fisik yang disesuaikan dengan porsi dan kondisi individu berdasarkan hasil penelitian dan tentu saja dibawah pengawasan yang ketat dari Tim Dokter dan trainer yang bertugas. Dengan Penanganan yang tepat dan komprehensif disetiap tahapannya, diharapkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit / cedera menjadi lebih cepat dan sempurna.

 

Program Layanan Exercise Therapy di Sports Medicine RS Jakarta :

1. Program Obesitas

Obesitas atau kegemukan merupakan masalah kesehatan dan merupakan faktor resiko penyakit metabolik dan degeneratif lain. Penanganan obesitas mencakup perubahan gaya hidup termasuk pola latihan fisik yang benar. Latihan fisik pada penderita obesitas harus disesuaikan dengan kondisinya seperti intensitas latihan yang sesuai sehingga latihan bermanfaat dan aman. Sasaran utama Exercise Therapy RS Jakarta adalah membakar lemak (fat loss) sehingga didapatkan komposisi tubuh yang baik secara aman dan tubuh tetap sehat dan bugar.
2. Program Diabetes Mellitus

Diabetes Militus merupakan penyakit gangguan metabolisme gula darah dimana faktor insulin padapankreas berperan dalam mengatur kadar gula dalam darah. Dengan latihan dengan pengawasan yang benar maka akan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan Glu T4 (glucose transporters) sehingga dapat mengontrol kadar gula darah. Melalui Exercise Therapy RS Jakarta dapat membantu mengontrol kadar gula darah penderita diabetes mellitus.
3. Program Hipertensi dan Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Hipertensi merupakan keadaan dimanai tekanan darah sistolik (TDS) ≥ 140 mmHg dan/atau tekanan darah diastolik (TDD) ≥ 90 mmHg. Hipertensi erat kaitannya dengan meningkatnya angka kematian penyakit jantung dan penyakit lain. Pencegahan, pengobatan dan pengendalian tekanan darah dilakukan dengan penatalaksanaan modifikasi gaya hidup, dengan latihan fisik sebagai bagian yang penting. Latihan fisik dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penurunan tekanan darah sebesar minimal 2 mmHg TDS akan menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung koroner dan stroke sampai 6 dan 10 % .

Saat ini penyakit jantung koroner masih merupakan penyebab kematian yang utama. Latihan fisik teratur dapat mencegah resiko penyakit jantung pada orang sehat bahkan dapat menurunkan angka kematian dan memperbaiki kualitas hidup pada pasien penyakit jantung.

Exercise Therapy RS Jakarta dapat membantu pasien dengan hipertensi untuk menurunkan tekanan darahnya dan membantu pasien penyekit jantung koroner dengan stratifikasi resiko rendah-sedang untuk memperbaiki kualitas hidupnya.
4. Program Osteoarthritis

Osteoartritis merupakan penyakit sendi degeneratif, terutama mengenai sendi-sendi di bagian yang menopang berat badan seperti tulang belakang, panggul, dan lutut, tetapi juga sering menyerang tangan. Latihan fisik merupakan salah satu bagian pengobatan penting dari osteoartritis. Exercise Therapy RS Jakarta dapat membantu pasien osteoartritis mengurangi keluhan pada sendi dan memperbaiki kualitas hidup.
5. Program Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang diakibatkan berkurangnya kepadatan tulang yang dapat mengakibatkan patah tulang. Penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan latihan fisik yang benar agar tulang tetap kokoh. Exercise Therapy RS Jakarta dapat membantu pasien osteoporosis dengan latihan yang dibutuhkan berupa:

  • Latihan kekuatan
  • Latihan Weight-bearing
  • Fleksibilitas
  • Latihan Stabilitas dan keseimbangan

6. Program Skoliosis

Skoliosis merupakan kelainan postur tulang punggung berbentuk huruf “S” atau “C” yang cukup banyak dijumpai. Tampak ada kemiringan postur tubuh seperti salah satu sisi pundak atau pinggul lebih tinggi dari sisi lainnya. Keluhan yang dirasakan sering berupa nyeri punggung dapat di bagian leher, tengah punggung, low back pain atau penonjolan di salah satu sisi punggung ataupun dada. Sering dijumpai pada anak dan remaja yang apabila tidak ditangani segera dapat berakibat lebih buruk di kemudian hari.

Selain mengganggu keseharian, keadaan skoliosis mengganggu estetik tubuh yang sering memberikan dampak psikologis bagi penderitanya. Pada kasus-kasus yang tidak memerlukan operasi, Exercise Therapy RS Jakarta membantu memberikan latihan fisik untuk menyeimbangkan dan menguatkan otot-otot penunjang tulang punggung seperti membuat penyangga/brace alami tubuh. Dengan demikian keluhan nyeri berkurang serta kemiringan sisi tubuh dapat diminimalkan.
7. Program Cedera Olahraga.

Penanganan cedera olahraga harus komprehensif. Latihan fisik diperlukan pada suatu tahap penyembuhan jaringan pada cedera baik yang memerlukan operasi atau pun tidak, akut maupun kronik. Exercise Therapy RS Jakarta dapat membantu penyembuhan cedera menjadi lebih cepat dan sempurna dengan mengembalikan kekuatan dan kelenturan otot serta jaringan ikat pada daerah cedera sehingga penderita siap menjalani aktifitas olahraga lagi dan memperkecil kejadian cedera berulang.

 

Pelayanan Penunjang SportsMedicine RS Jakarta :

1. Pemeriksaan Kebugaran

Selain memiliki tubuh yang sehat, seseorang juga memerlukan tubuh yang bugar agar dapat melakukan aktifitas hariannya tanpa cepat merasa lelah, sehingga dapat meningkatkan produktifitasnya. Begitu juga seorang atlet prestasi harus memliki tingkat kebugaran yang sangat baik untuk menunjang prestasinya. Di Sports Medicine RS Jakarta dapat membantu seseorang untuk mengetahui tingkat kebugaran serta memberikan konsultasi terkait aspek kebugarannya. Mengetahui tingkat kebugaran diperlukan motivasi untuk melakukan latihan fisik atau olahraga maupun evaluasi keberhasilan latihan fisik yang telah dilakukan.

SONY DSC

2. Pemeriksaan Pre-partisipasi
Sebelum seseorang mengikuti program layanan Excercise Theraphy, Menjalani Tes Kebugaran, Olahraga berat, kompetisi olahraga seperti Marathon, Bersepeda, Senam Aerobik, dll perlu dilakukan pemeriksaan awal yang disebut Pemeriksaan Pre Partisipasi. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi awal tubuh dan masalah kesehatan yang mungkin diderita sebelum melakukan aktifitas seperti diatas. Hal ini sangat membantu supaya aktifitasnya berjalan aman dan lancar serta meminimalisir dampak kemungkinan cedera dan kematian mendadak saat beraktifitas.

3. Sports Massage

Sports Massage diperlukan tidak hanya bagi atlet semata tetapi bagi siapa saja yang mengalami cedera kronik atau ruang gerak sendi yang terbatas. Pemijatan dikonsentrasikan pada area yang bermasalah untuk relaksasi daerah tersebut dan memperbaiki sirkulasi darah dan cairan getah bening sehingga membantu penyembuhan cedera lebih cepat.

Pelayanan Unit Sports Medicine RS Jakarta

Informasi & Pendaftaran
021 573 2241 ext. 180