Kenali Tanda-Tanda Mata Kamu Sedang Bermasalah

March 18, 2022 by admin0
WhatsApp-Image-2022-03-18-at-14.08.31-1200x800.jpeg

Klinik Mata Jakarta Aini, Mata merupakan salah satu organ terpenting dari tubuh manusia.  Bisa dibayangkan bila mata kita mengalami gangguan, apalagi tanpa disadari keluhan yang dirasakan dapat menjadi peringatan dari masalah kesehatan mata yang kritis. Untuk itu sangat penting mengetahui tentang gejala gangguan  mata yang umum, apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, dan kapan harus menemui dokter mata. Berikut gejala atau tanda mata kamu sedang bermasalah.

Mata Merah

Pembuluh darah kecil di mata kamu bisa melebar atau pecah saat teriritasi atau terinfeksi. Ini juga bisa menjadi tanda alergi atau kekeringan. Hal ini cukup umum dan sering hilang tanpa pengobatan. Namun jika terjadi cedera, glaukoma, dan luka, goresan, dan luka pada kornea, hal ini tidak bisa dianggap remeh. Segera Periksa dengan dokter mata jika mata terasa sakit atau tidak membaik dalam satu atau dua hari, atau bahkan jika kamu mengalami kesulitan melihat.

Rasa Terbakar atau Menyengat

Hal ini sering merupakan tanda mata lelah atau iritasi, mungkin karena demam, debu, atau asap. Bisa juga menjadi tanda blepharitis, penumpukan bakteri yang menyebabkan serpihan seperti ketombe di kelopak mata, atau mata kering, ketika mata kamu tidak cukup mengeluarkan air mata. Namun bisa menjadi masalah yang lebih serius ketika terjadi pada kornea yang meradang, atau lebih dikenal sebagai keratitis.

Kotoran Mata/Belekan

Saat air mata dan minyak mengering, hal ini dapat meninggalkan kotoran yang lengket di kelopak mata atau bulu mata. Jika jumlahnya sedikit ketika bangun tidur adalah hal yang normal, tetapi jika jumlahnya lebih banyak dari biasanya, dan berwarna kuning atau kehijauan sebaiknya segera periksakan ke dokter mata.

Mata Terasa Kering atau Gatal

Mata yang teriritasi sering disebabkan oleh alergi, obat-obatan, pemakaian lensa kontak, penuaan, penyakit seperti radang sendi, dan kelelahan mata akibat penggunaan komputer. Tetes mata dapat membantu dalam melembabkan mata. Cara lain untuk meredakannya adalah dengan memberikan kompres dingin pada mata serta hindari menggosok mata yang gatal.

Mata Bengkak

Seringkali mudah untuk mengetahui apa penyebabnya — mulai dari alergi, mata merah, atau infeksi atau peradangan lain hingga benjolan di kelopak mata, luka pada kornea, atau mata hitam. Dalam kasus yang jarang terjadi, mungkin masalah tiroid. Seringkali pembengkakan hilang dengan sendirinya. Jika hal ini berlangsung lebih dari 24 jam atau jika terjadi memiliki masalah gangguan penglihatan, sebaiknya segera periksakan ke dokter mata.

Mata Berair

Air mata berfungsi menjaga mata kamu lembab, dan membantu membersihkan kotoran atau debu. Namun ketika mata berair, kelenjar yang memproduksi minyak tidak bekerja dengan semestinya. Hal ini mengakibatkan air mata menjadi cepat menguap dan pada akhirnya lebih cepat mengering. Kondisi inilah yang merangsang produksi air mata secara berlebih sehingga menyebabkan mata berair. Kondisi ini dapat berangsur pulih, namun bisa menjadi tanda infeksi, luka atau goresan, atau saluran air mata yang tersumbat.

Mata Kedutan

Gerakan kelopak mata yang kecil dan tidak disengaja adalah hal biasa dan mungkin berhenti saat kamu lebih banyak istirahat atau mengurangi konsumsi kafein. Namun jika kelopak mata kamu menutup tanpa alasan (blepharospasm), yang dapat berlangsung selama berjam-jam, atau satu sisi wajah menjadi kencang (hemifacial spasm), seringkali dimulai di dekat mata, sebaiknya segera berobat ke dokter mata.

Bintitan

Bintitan adalah benjolan merah dan menyakitkan di bulu mata atau di bawah kelopak mata, biasanya disebabkan oleh bakteri. Chalazion adalah benjolan bengkak yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit di kelopak mata dari kelenjar minyak yang tersumbat. Kamu bisa melakukan penanganan awal dengan merendam kain lap bersih dalam air hangat, lalu kompres di mata kamu selama sekitar 10 sampai 15 menit, tiga sampai lima kali sehari. Jika tidak ada perbaikan sebaiknya segera temui dokter mata.

Mata Berwarna Kuning

Jika bagian putih mata kamu terlihat kuning, itu bisa jadi pertanda kamu menderita penyakit kuning. Penyakit hati ini bisa disebabkan oleh hepatitis, penyalahgunaan alkohol, batu empedu. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kelopak Mata Terkulai

Seiring bertambahnya usia, terutama pada usia lansia kelopak mata dapat menurun dari waktu ke waktu namun hal ini dapat diperbaiki dengan operasi kosmetik. Tetapi jika terjadi secara tiba-tiba, bisa jadi tanda stroke, tumor otak, penyakit otot, atau masalah saraf.

Kenali gejala gangguan kesehatan mata dengan melakukan pemeriksaan mata secara teratur.Tersedia layanan kesehatan mata terlengkap Klinik Mata Jakarta Aini, Rumah Sakit Jakarta. Didukung tenaga Dokter Spesialis & Subspesialis Mata terbaik di Indonesia. Mulailah perawatan sesegera mungkin, untuk melindungi penglihatan anda dan keluarga. Informasi dan pendaftaran Klinik Mata Jakarta Aini, Rumah Sakit Jakarta, dapat melalui telp 021 5732241 atau via Whatsapp 0815 8551 2655.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.