Alat Myofunctional dalam Perawatan Orthodonti Pada Usia Tumbuh Kembang

September 10, 2021 by admin0
images.jpg

Ortodonti adalah perawatan untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak teratur (berjejal) serta meningkatkan fungsi mastikasi agar kesehatan mulut dapat terjaga secara keseluruhan. Guna mencapai tujuan tersebut diperlukan alat-alat untuk menggerakkan gigi-gigi dan mengkoreksi kelainan yang ada. Secara umum alat ortodonti dibagi menjadi dua yakni alat ortodonti lepasan (removable appliance) dan alat ortodonti cekat (fixed appliance).

Kelainan Dentofasial (Wajah & Gigi)

Kelainan dentofasial sering disebabkan oleh ketidak-seimbangan dan fungsi otot-otot bibir, pipi, dan lidah yang tidak normal. Posisi lidah saat menelan ataupun berbicara dijadikan indikator penting untuk melihat ada tidaknya masalah fungsional dari otot-otot yang membentuk struktur dentofasial.

Terapi Myofunctional Pada Usia Tumbuh Kembang

Alat ortodonti lepasan pada umumnya digunakan untuk menggerakkan gigi-gigi pada usia dini (6-12 tahun). Terdapat berbagai jenis alat ortodonti lepasan termasuk alat myofunctional seperti bionator, monoblok, twin block, Frankel dan lain-lain.

Pemilihan berbagai jenis alat ortodonti lepasan adalah berdasarkan dari hasil diagnosisnya.

Oleh :

drg. RA Ravitri, Sp. Ort

Dokter Gigi Spesialis Orthodonti

Jakarta Dental Clinic, Rumah Sakit Jakarta


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.