Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi Anak

January 31, 2022 by admin0
Picture1.jpg

 

Gigi yang sehat merupakan hal utama yang sangat berpengaruh untuk kesehatan anak. Oleh sebab itu, perawatan gigi anak harus dimulai sejak mereka mulai tumbuh gigi. Meskipun gigi ini akan tanggal dalam beberapa tahun, gigi susu menjaga ruang untuk gigi permanen anak, dan sangat penting bagi anak untuk memiliki gigi & gusi yang sehat saat gigi permanen tersebut tumbuh. Selain itu, menjaga gigi dan gusi anak tetap bersih akan melindungi mereka dari infeksi, gigi berlubang, dan sakit gigi. Lalu bagaimana sih cara menjaga dan merawat gigi anak yang benar? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Gigi susu pada bayi mulai erupsi (tumbuh) di usia ±6 – 30 bulan, sedangkan Gigi susu mulai lepas di usia anak ±6-12 tahun. Untuk Gigi permanen mulai tumbuh di usia ±6 tahun. Gigi susu sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anak Anda. Mereka membantunya mengunyah, berbicara, dan tersenyum. Gigi susu dapat menjadi guidance untuk penunjuk arah tumbuhnya gigi permanen serta menahan ruang di rahang untuk gigi permanen yang tumbuh di bawah gusi. Ketika gigi susu tanggal terlalu dini, gigi permanen dapat melayang ke ruang kosong dan menyulitkan gigi dewasa lainnya untuk menemukan ruang ketika mereka masuk. Hal ini dapat membuat gigi bengkok atau berjejal. Itulah mengapa memulai bayi dengan perawatan mulut yang baik dapat membantu melindungi gigi mereka selama beberapa dekade mendatang.

Cara Merawat Gigi Anak

Mulailah membersihkan mulut bayi Anda selama beberapa hari pertama setelah lahir dengan menyeka gusi dengan kain kasa atau waslap yang bersih dan lembab. Begitu gigi muncul, pembusukan bisa terjadi. Empat gigi depan bayi biasanya mendorong gusi pada sekitar usia 6 bulan, meskipun beberapa anak tidak memiliki gigi pertama sampai 12 atau 14 bulan.
Untuk anak-anak di bawah 3 tahun, mulailah menyikat gigi segera setelah mereka mulai masuk ke dalam mulut dengan menggunakan pasta gigi berfluoride dalam jumlah tidak lebih dari noda atau seukuran sebutir beras. Sikat gigi secara menyeluruh dua kali sehari (pagi dan malam) atau seperti yang diarahkan oleh dokter gigi atau dokter. Awasi menyikat gigi anak-anak untuk memastikan bahwa mereka menggunakan jumlah pasta gigi yang tepat.
Untuk anak-anak usia 3 sampai 6 tahun, gunakan pasta gigi berfluoride seukuran kacang polong. Sikat gigi secara menyeluruh dua kali sehari (pagi dan malam) atau seperti yang diarahkan oleh dokter gigi atau dokter. Awasi menyikat gigi anak-anak dan ingatkan mereka untuk tidak menelan pasta gigi.
Sampai Anda merasa nyaman bahwa anak Anda dapat menyikat giginya sendiri, lanjutkan menyikat gigi anak Anda dua kali sehari dengan sikat gigi ukuran anak dan pasta gigi berfluoride seukuran kacang polong. Ketika anak Anda memiliki dua gigi yang bersentuhan, Anda harus mulai membersihkan sela-sela giginya setiap hari.

Perlu diketahui, gigi yang tidak dirawat akan membuat anak merasa tidak nyaman/ sakit, sehingga dapat mengganggu proses makan dan berpengaruh terhadap nutrisi anak. Jangan sampai terlewat merawat kesehatan gigi anak anda dan jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan Dokter Gigi Spesialis Anak, Jakarta Dental Clinic, RS Jakarta. Untuk informasi dan pendaftaran dapat melalui Telp 021-5732241 atau Whatsapp 0815 8551 2655.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.