Pencegahan Penyakit Jantung

March 26, 2021 by admin0
90C4568A-A7A3-419D-ADB5-6EDE95D0736E.jpeg

 

Jantung merupakan organ vital yang berperan penting dalam pengaturan sirkulasi darah dalam tubuh. Oleh karena itu, gangguan pada jantung dapat berakibat fatal bagi siapapun yang mengalaminya. Berikut adalah beberapa upaya pencegahan penyakit jantung yang dapat kita bersama lakukan:

Menghindari kebiasaan merokok

Bahan kimia yang terdapat dalam rokok dapat menimbulkan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah. Asap rokok dapat mengurangi kadar oksigen dalam darah dan hal ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari normal. Jika keadaan ini berlangsung terus menerus, tekanan darah dan detak jantung dapat meningkat pesat dikarenakan jantung yang harus memompa oksigen lebih banyak ke otak dan tubuh.

Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur dapat meminimalisir resiko siapapun untuk dapat terkena penyakit jantung. Aktivitas fisik dapat membantu menjaga berat badan dan meminimalisir resiko untuk seseorang terkena penyakit yang berpotensi untuk memperparah penyakit jantung seperti darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2. Sempatkanlah waktu di dalam keseharian untuk tetap aktif bergerak, karena sesedikit apapun aktivitas yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Menjaga pola makan sehat

Pola makan sehat dapat membantu melindungi jantung, menstabilkan tekanan darah, menjaga tingkat kolesterol, dan meminimalisir resiko terkena diabetes tipe 2. Konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, daging, makanan rendah kalori dan lemak, dan gandum. Selain itu, jangan lupa untuk membatasi konsumsi gula, karbohidrat yang telah diproses, garam, minuman beralkohol, lemak yang telah tersaturasi.

Istirahat yang berkualitas

Pastikan untuk memperoleh istirahat yang berkualitas dengan menerapkan jadwal tidur yang cukup sekitar 8 jam agar dapat terus beraktivitas secara optimal.

Menghindari stress

Stress yang berlebihan dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengelola stress dengan baik dan menjalani hidup dengan optimisme.

Melakukan pemeriksaan berkala

Lakukan pemeriksaan tekanan darah, kolesterol dan diabetes tipe 2 secara berkala karena ketiga penyakit ini merupakan jenis-jenis penyakit yang dapat merusak pembuluh darah yang pada akhirnya akan mengganggu peredaran darah yang diatur oleh jantung.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.