Pentingnya Melakukan Scaling Gigi

March 26, 2021 by admin0
C758A73A-37F5-4DFA-9642-04C883AED99A.jpeg

Tahukah Sahabat Sehat bahwa menyikat gigi tidaklah cukup untuk mendapatkan gigi yang sehat dan bersih? Untuk memperoleh gigi yang menawan, Sahabat Sehat juga perlu melakukan prosedur scaling gigi. Prosedur non-operasi ini dapat membersihkan gigi secara maksimal karena dapat menghilangkan karang gigi di seluruh permukaan gigi dan bagian bawah gusi. Dengan begitu, kesehatan mulut tetap terjaga dan terhindar dari risiko penyakit yang mungkin terjadi.

 

Metode scaling ini dapat dilakukan melalui dua cara; dengan alat pengikis manual atau alat pengikis dengan gelombang ultrasonik. Dengan kedua metode tersebut, karang gigi yang menempel di permukaan gigi akan hilang dan Sahabat Sehat dapat memiliki gigi yang bersih dan berkilau.

 

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari scaling gigi, antara lain:

 

  1. Menghilangkan bau mulut

 

Karang gigi merupakan tempat bagi bakteri penyebab bau mulut berkembang biak. Untuk itu, rutinlah melakukan scaling gigi supaya mulut menjadi lebih segar dan bebas bau.

 

  1. Warna gigi menjadi lebih cerah

 

Karang gigi terbentuk akibat plak yang menempel dan mengeras pada permukaan gigi. Selain membuat tampilan gigi menjadi tidak terawat, karang gigi juga bisa membuat warna gigi berubah menjadi lebih kusam dan terlihat kuning. Oleh karena itu, penting untuk rutin melakukan scaling supaya karang gigi bisa terangkat dan warna gigi menjadi lebih cerah.

 

  1. Mencegah infeksi gusi

 

Karang gigi yang dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan radang gusi atau gingivitis. Kondisi ini ditandai dengan gejala berupa gusi bengkak, mudah berdarah, dan terasa sakit. Bila dibiarkan, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis, yaitu peradangan serius yang bisa merusak gigi dan jaringan penyangga gigi lainnya.

 

  1. Mengurangi risiko gigi copot

 

Penyakit gigi dan mulut yang disebabkan oleh karang gigi akan berujung pada gigi copot. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya kesulitan untuk mengunyah makanan dan menjadi tidak percaya diri. Oleh karena itu, rutinlah melakukan scaling gigi supaya gigi bersih dari karang gigi dan terhindar dari risiko gigi copot.

 

  1. Terhindar dari risiko penyakit jantung

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin melakukan scaling gigi akan menurunkan risiko seseorang terkena atrial fibrilasi, yaitu gangguan irama jantung yang bisa menyebabkan penderitanya menjadi lemas, nyeri dada, jantung berdebar, dan sesak napas.

 

Selain itu, scaling gigi juga diketahui dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner. Bakteri yang menumpuk pada karang gigi bisa terbawa oleh darah dan membuat endapan pada pembuluh darah koroner di jantung. Endapan ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan membuat aliran darah ke jantung berkurang.

 

Rutin melakukan scaling gigi tidak hanya dapat menjaga kesehatan mulut saja, namun meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, jagalah kebersihan gigi dan periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi. Dengan begitu, karang gigi dapat terdeteksi sejak dini dan segera diatasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.