Diabetes dan Pengaruhnya Pada Kesehatan Mata

May 9, 2022 by admin0
Picture2.png

Diabetes merupakan penyakit metabolisme yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam memproduksi atau menggunakan insulin secara efektif untuk mengontrol kadar gula (glukosa) darah. Kadar glukosa darah yang tinggi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada banyak organ tubuh, seperti jantung, ginjal, dan pembuluh darah. Namun tanpa disadari, diabetes juga dapat memicu kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penglihatan buram, ganda, atau seperti ada yang menghalangi.
Lalu apa sih hubungan antara penyakit diabetes dengan kesehatan mata? Adakah cara pencegahannya? Yuk cari tahu jawabannya !

Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Penyakit ini telah menjadi permasalahan kesehatan di seluruh dunia karena dapat menyebabkan disabilitas bahkan kematian. DIABETIC EYE DISEASE (DED) merupakan komplikasi akibat kadar gula darah tinggi kronis yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah kapiler, yang meliputi retinopati diabetic dan edema makula diabetic. Sekitar 20% penderita DM usia dewasa di 41 negara didagnosis menderita DED.1,2

Gangguan Kesehatan Mata yang Terkait dengan Diabetes

Retinopati Diabetic

Ketika pembuluh darah di retina membengkak, bocor, atau menutup sepenuhnya. Pembuluh darah baru yang abnormal juga bisa tumbuh di permukaan retina. Orang yang menderita diabetes atau kontrol gula darah yang buruk berisiko mengalami retinopati diabetik. Risiko juga meningkat semakin lama seseorang menderita diabetes. Seorang wanita mengembangkan retinopati diabetik setelah hidup dengan diabetes selama 25 tahun.

Edema Macula Diabetic

Edema makula terjadi ketika cairan menumpuk di retina dan menyebabkan pembengkakan dan penglihatan kabur. Diabetes dapat menyebabkan edema makula. Edema makula diabetik dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

Katarak

Kelebihan gula darah akibat diabetes dapat menyebabkan katarak. Anda mungkin memerlukan operasi katarak untuk menghilangkan lensa yang tertutup oleh efek diabetes. Mempertahankan kontrol gula darah yang baik membantu mencegah kekeruhan permanen pada lensa dan pembedahan.

Glaukoma

Glaukoma adalah sekelompok penyakit yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik mata Anda. Kerusakan ini menyebabkan hilangnya penglihatan yang ireversibel. Memiliki diabetes menggandakan peluang Anda terkena glaukoma.

Penanganan & Pencegahan

Penanganan yang dapat dilakukan terhadap pasien DM dengan DED bergantung kepada tingkat keparahan penyakit.

  • Ringan: observasi dan pemeriksaan berkala, koreksi kelainan refraksi (kacamata)
  • Sedang: observasi ketat, laser fotokoagulasi
  • Berat: laser fotokoagulasi, injeksi anti-VEGF, dan/atau pembedahan (vitrektomi)

Tindakan pembedahan katarak dan manajemen glaukoma (terapi penurunan tekanan bola mata atau bahkan pembedahan) dapat dibutuhkan terhadap kondisi DED yang terjadi.

Untuk mencegah kerusakan mata akibat diabetes, pertahankan kontrol gula darah Anda dengan baik melalui diet dan obat-obatan (jika diperlukan). Hal ini dapat mencegah terjadinya retinopati diabetik sebesar 76% dan perburukan retinopati diabetik sebesar 54%.3

Serta pastikan untuk segera melakukan konsultasi dan pemeriksaan rutin dengan dokter spesialis penyakit dalam (internis), spesialis mata (oftalmologis), dan/atau dokter spesialis terkait lainnya.  Informasi dan pendaftaran dapat melalui telp 021 5732241 atau via Whatsapp 0815 8551 2655.

 

Sumber :

  1. https://diabetesatlas.org

2. https://idf.org/our-activities/care-prevention/eye-health/dr-barometer.html

3. Wang W, Lo AC. Diabetic retinopathy: pathophysiology and treatments. Int J Mol Sci 2018;19(1816):1-14


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.