Kenali 6 Kebiasaan yang Membahayakan Gigi

September 30, 2022 by admin0
slideshow_habits_snacking.jpg

Jakarta Dental Clinic, Tahukah kamu banyak dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari ternyata berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita lho. Faktanya, banyak penyakit serius dapat diakibatkan oleh kebersihan mulut dan gigi yang buruk. Mulut dan gigi terdiri dari saraf yang menghubungkan mereka ke bagian lain dari organ. Maka bukan mitos bahwa masalah gigi dan mulut dapat menyebabkan penyakit serius seperti penyakit jantung, infeksi saluran pernapasan, bahkan kanker.
Munculnya masalah gigi dan mulut bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk yang mungkin tidak anda sadari. Penting untuk menghentikan kebiasaan buruk ini untuk menghindari risiko penyakit terkait gigi dan mulut. Mau tahu kebiasaan apa saja yang dapat merusak kesehatan gigi? Yuk, simak penjelasan selengkapnya.

  • Menggigit kuku

Kebiasan menggigit kuku biasanya kerap dilakukan ketika seseorang sedang berpikir, menunggu, malu, bosan, frustasi, cemas, bahkan stres. Namun jika ditinjau dari segi kesehatan mengigit kuku tidak hanya menyebarkan bakteri ke mulut, tetapi juga mengikis email gigi dan melemahkan gigi depan. Selain itu juga dapat berakibat terjadinya disfungsi rahang jika dilakukan dalam waktu yang lama.

  • Menyikat Gigi Terlalu Keras

Menyikat gigi memiliki banyak manfaat salah satunya adalah mencegah gigi berlubang dan bau mulut. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan gerakan melingkar selama 20 detik di setiap bagian secara perlahan. Menyikat dengan sikat gigi yang keras, atau menyikat terlalu keras, dapat merusak gigi dan mengiritasi gusi.

  • Menggeretakkan Gigi

Umumnya, kebiasaan ini terbentuk karena stres dan kecemasan. Kebiasaan ini tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga orang lain. Karena kebiasaan mengatupkan atau menggemeretakkan gigi bisa menimbulkan bunyi yang tidak enak di telinga. Gigi yang terus-menerus tergores dapat menyebabkan gigi terkelupas atau retak, serta nyeri otot atau nyeri sendi. Kebiasaan ini.

  • Mengunyah Es Batu

Enamel adalah kristal dan Es juga kristal. Jika kamu membiarkan dua kristal bertabrakan, salah satunya pasti akan pecah, selain itu pecahan es juga bisa mengiritasi gusi  kamu. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya pilih minuman dingin tanpa es atau gunakan sedotan untuk menghindari godaan kebiasaan ini.

  • Konsumsi Snack Terlalu Sering

Mengunyah  sepanjang hari, terutama makanan dan minuman manis, berisiko lebih tinggi untuk gigi berlubang. Saat kamu makan, bakteri penyebab gigi berlubang memakan sisa makanan dan menghasilkan asam yang menyerang kulit terluar gigi .

  • Menjadikan Gigi sebagai Alat

Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan, bukan sebagai alat pemotong barang.  Jika kamu menggunakan gigi untuk merobek atau membuka kemasan yang keras, hal ini berisiko  membuat gigi retak, melukai rahang, atau secara tidak sengaja menelan sesuatu yang tidak seharusnya Anda telan.

Nah, sudah tahukan apa saja kebiasaan-kebiasaan yang membahayakan gigi kamu. Untuk memastikan gigi kamu tetap sehat dan terawat dengan baik, jangan lupa periksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut kamu kepada Dokter Gigi Spesialis, Jakarta Dental Clinic, RS Jakarta. Untuk informasi dan pendaftaran dapat melalui Telp 021-5732241 atau Whatsapp 0815 8551 2655.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.