Koreksi Gangguan Penglihatan dengan Lensa Kontak

February 24, 2022 by admin0
lensa-kontak.jpg

Penggunaan lensa kontak tentu sudah tidak asing lagi di zaman sekarang. Kebanyakan lensa kontak digunakan sebagai tambahan dalam mempercantik penampilan. Namun, bagi sebagian orang yang mengalami gangguan penglihatan seperti mata minus, penggunaan lensa kontak merupakan salah satu pilihan alat bantu penglihatan selain kaca mata. Sama halnya dengan kaca mata, penggunaan lensa kontak memerlukan pemeriksaan dan resep dari Dokter Spesialis Mata. Lalu gangguan penglihatan apa saja yang bisa ditangani dengan Lensa kontak? Kemudian jenis lensa kontak apakah hanya soft lense saja? Mari kita bahas satu persatu yuk!

Lensa kontak merupakan lensa tipis terbuat dari plastik bening yang dipakai menempel pada kornea mata. Lensa kontak memiliki fungsi yang sama seperti kacamata, yaitu mengoreksi kelainan penglihatan, kelainan akomodasi, terapi dan kosmetik.

Lensa kontak digunakan pada kondisi berbagai kondisi, seperti :

  1. Miopia : rabun jauh/mata minus
  2. Hiperopia : rabun dekat/ mata plus
  3. Astigmatisme : mata silinder
  4. Presbiopia : perubahan pada penglihatan dekat yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

Lensa kontak terbuat dari berbagai jenis plastik. Dua jenis lensa kontak yang paling umum adalah keras dan lunak.

Hard Contact Lenses

Lensa rigid gas permeable (RGP), jenis lensa kontak yang kaku terbuat dari bahan yang mengandung silikon yang memudahkan oksigen melewati mata lewat bahan lensa. Lensa RGP sangat membantu bagi penderita astigmatisme (mata silinder) dan keratoconus (kondisi saat kornea menipis dan lama kelamaan menonjol keluar seperti kerucut). Ini karena RGP memberikan penglihatan yang lebih tajam daripada lensa lunak ketika kornea melengkung tidak rata.

Daily Wear Contacts

Dipakai saat beraktivitas dan harus dilepas saat tidur. Masa pakai lensa kontak ini ada yang sehari sekali, seminggu sekali, setiap dua minggu atau setiap bulan.

Extended Wear Contacts

Dapat dipakai saat tidur, tetapi harus dilepas untuk dibersihkan setidaknya seminggu sekali.

Toric Contacts

Tipe lensa ini dapat memperbaiki penglihatan untuk orang dengan astigmatisme (mata silinder), meskipun tidak sebaik lensa kontak keras. Lensa toric bisa untuk pemakaian harian atau diperpanjang.

Lensa Kontak Berwarna

Lensa kontak yang dilengkapi berbagai macam warna. Bisa ditemukan pada tipe Daily wear contacts, Extended wear contacts dan Toric contacts.

Lensa Kontak Dekoratif

Lensa ini dapat mengubah tampilan mata terlihat seperti vampir, hewan, atau karakter lain, tetapi tidak memperbaiki penglihatan. Bisa juga digunakan untuk menyembunyikan masalah mata tertentu baik yang ada sejak lahir atau disebabkan oleh cedera.  Untuk mendapatkan lensa ini  diperlukan resep dokter.

Jenis Lensa Kontak Lain

  • Lensa Kontak untuk Presbiopia

Lensa yang dirancang untuk memperbaiki masalah penglihatan normal yang dialami orang setelah usia 40 tahun.

  • Lensa kontak hibrida

Lensa ini memiliki bagian tengah yang kaku yang dikelilingi oleh cincin luar yang lembut. Ini menggabungkan visi tajam lensa keras dengan kenyamanan lensa lunak.

  • Lensa perban

Lensa kontak ini tidak memiliki resep yang terpasang di dalamnya. Sebagai gantinya, mereka menutupi permukaan kornea Anda untuk kenyamanan setelah cedera atau operasi.

Pemilihan lensa kontak tergantung dari kondisi seseorang. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan diperlukan pemeriksaan awal yang tepat, fitting dan pemesanan yang benar. Informasi dan pendaftaran Klinik Mata Jakarta Aini, Rumah Sakit Jakarta, dapat melalui telp 021 5732241 atau via Whatsapp 0815 8551 2655.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.