8 Cara Pencegahan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

August 23, 2022 by admin0
WhatsApp-Image-2022-08-23-at-10.09.19-1200x1200.jpeg

Ginjal merupakan salah satu organ penting yang berfungsi mempertahankan komposisi darah dengan mencegah penumpukan produk limbah, mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga kestabilan kadar elektrolit seperti natrium, kalium, dan fosfat, mengontrol tekanan darah, dan sel darah merah serta menghasilkan hormon dan enzim yang membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan tekanan  darah yang sehat serta menjaga agar tulang tetap kuat.

Ginjal merupakan organ dengan daya kompensasi tinggi. Jika terjadi kerusakan pada salah satu ginjal, maka jaringan ginjal sehat akan mengambil alih tugas dan pekerjaan jaringan ginjal yang sakit dengan meningkatkan perfusi darah ke ginjal dan filtrasi. Bila jaringan ginjal yang rusak mencapai  75 -85 % maka daya kompensasi tak lagi mencukupi sehingga timbul gejala uremia oleh karena terjadi penurunan zat – zat yang tak bisa dikeluarkan dari tubuh oleh ginjal yang sakit. Pada tahap awal gagal ginjal biasanya tidak disadari oleh penderitanya, karena gejala umumnya tidak tampak. Lalu adakah upaya pencegahan penyakit Gagal Ginjal Kronis? Mari simak ulasannya berikut ini.

Gagal Ginjal Kronik

Setiap hari, kedua ginjal menyaring sekitar 120-150 liter darah dan menghasilkan sekitar 1-2 liter urin. Setiap ginjal terdiri dari sekitar satu juta unit filter yang disebut nefron. Nefron terdiri dari glomerulus dan tubulus ginjal. Glomerulus menyaring cairan dan produk limbah, mencegah pelepasan sel darah dan makromolekul yang sebagian besar adalah protein. Hal ini juga melewati tubulus ginjal di mana ia mengisi kembali mineral yang dibutuhkan tubuh dan menghilangkan produk limbah. Ginjal juga menghasilkan enzim renin, yang menjaga tekanan darah dan kadar garam, hormon eritropoietin, yang merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah, dan bentuk aktif vitamin D, yang diperlukan untuk kesehatan tulang.

Penyakit ginjal dikenal beberapa macam, yaitu penyakit ginjal kronis (CKD) atau sebelumnya gagal ginjal kronis, cedera ginjal akut, atau sebelumnya gagal ginjal akut. Penyakit ginjal kronis adalah hilangnya fungsi ginjal secara progresif selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Penyakit ginjal kronis adalah penyakit multifaktorial yang mempengaruhi ginjal dan biasanya berkembang perlahan dan menjadi kronis. Penyakit ini sering terlambat dikenali karena gejala khasnya tidak terlihat pada awalnya. Di sisi lain, jika penyakit ginjal kronis terdeteksi sejak dini, pengobatan dapat segera dimulai dan komplikasi dapat dicegah.

Penyebab & Gejala

Penyebab utama penyakit ginjal kronis (CKD) adalah diabetes dan hipertensi. Diabetes terjadi ketika kadar gula darah melebihi kisaran normal, merusak organ vital tubuh seperti jantung dan ginjal, serta pembuluh darah, saraf, dan mata. Dan jika tidak ditangani, tekanan darah tinggi dapat menjadi penyebab utama serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal kronis. CKD juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tanda dan gejala yang berhubungan dengan penyakit ginjal biasanya sangat umum (dan dapat dilihat pada penyakit lain juga).

  • Tekanan darah tinggi
  • Perubahan volume urin dan jumlah buang air kecil per hari
  • Adanya darah dalam urin;
  • Kelemahan dan gangguan tidur
  • Kehilangan selera makan
  • Sakit kepala
  • Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi
  • Gatal
  • Kelebihan muatan
  • Mual dan muntah
  • Bengkak, terutama pada kaki dan pergelangan kaki, serta kelopak mata bengkak saat bangun pagi

Pencegahan

Diabetes dan hipertensi adalah penyebab utama penyakit ginjal kronis di banyak negara berkembang, oleh karena itu mengendalikan factor resiko penyakit tersebut merupakan langkah tepat dalam mencegah terjadinya penyakit gagal ginjal kronis. Berikut langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan :

  • Rajin melakukan aktivitas fisik dan olahraga

Olahraga teratur, seperti berenang, berjalan, dan berlari, dapat membantu mengurangi stres, mengelola diabetes dan tekanan darah tinggi, serta menjaga berat badan  yang sehat. Semua ini penting untuk kesehatan ginjal. Jika Anda merasa sudah memiliki penyakit ginjal, penting untuk segera menemui dokter. Diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit ginjal menjadi gagal ginjal. Jika Anda telah didiagnosis menderita penyakit ginjal, temui dokter Anda secara teratur untuk memantau fungsi ginjal Anda. Tidak ada obat untuk penyakit ginjal kronis, tetapi pengobatan yang tepat dapat memperlambat perkembangannya.

  • Menjaga kadar gula darah tetap normal

Diabetes telah terbukti  meningkatkan risiko  penyakit jantung dan gagal ginjal. Ini hanyalah salah satu alasan mengapa penting untuk  dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

  • Pertahankan tekanan darah normal

Tekanan darah tinggi juga telah terbukti  meningkatkan risiko penyakit jantung dan gagal ginjal. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tekanan darah pada tingkat normal.

  • Menjaga berat badan ideal

Obesitas sendiri dapat meningkatkan risiko kondisi yang berhubungan dengan gagal ginjal, seperti diabetes dan hipertensi.

  • Minum 8-10 gelas air setiap hari

Dehidrasi  mengurangi aliran darah ke ginjal dan dapat merusaknya. Jadi, pastikan Anda minum banyak air  untuk menghindari dehidrasi. Anda juga dapat menanyakan kepada dokter Anda berapa banyak air yang harus Anda minum  per hari.

  • Dilarang Merokok

Merokok telah dilaporkan  mengurangi aliran darah ke ginjal. Ini dapat mempengaruhi fungsi ginjal  dengan atau tanpa penyakit ginjal.

  • Periksa fungsi ginjal secara teratur

Pemeriksaan fungsi ginjal penting dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit ginjal sedini mungkin sehingga dapat ditangani secara efektif.

tes darah berdasarkan kreatinin, urea, dan laju filtrasi glomerulus (GFR)

Urinalisis dengan melihat kadar albumin atau protein.

  • Jangan minum obat pereda nyeri dalam waktu lama tanpa saran medis

Dosis tinggi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen telah terbukti  mengurangi  aliran darah ke ginjal dan dapat merusaknya.

Penyakit ginjal kronik dapat dideteksi secara dini, maka pengobatan dapat segera dilaksanakan, dengan demikian komplikasi akibat penyakit ini dapat dicegah. Jangan ragu segera konsultasikan pada Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Penyakit Ginjal (Nefrologist) karena pengobatan sedini mungkin tentu hasilnya akan lebih baik.  Informasi & pendaftaran dapat menghubungi Telp 021-5732241 atau via Whatsapp 0815 8551 2655.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.