Dental Braces : Perawatan Ortodonti Untuk Susunan Gigi yang Ideal

August 30, 2022 by admin0
Desain-tanpa-judul-1.png

Susunan gigi geligi yang normal adalah gigi geligi yang tersusun rapi dan sejajar di dalam lengkung rahang, begitu juga saat gigi geligi dikatupkan. Hal ini tentu sangat penting dalam menciptakan senyum yang menawan. Untuk itu, disinilah pentingnya perawatan ortodonti dilakukan. Salah satunya adalah penggunaan Braces atau biasa dikenal Kawat gigi. Lalu apa saja manfaat perawatan ortodonti? Pada kondisi gigi seperti apa yang dapat dikoreksi dengan perawatan ortodonti? dan ada berapa jenis braces yang dikenal? Mari kita bahas satu persatu.

Penggunaan Dental Braces

Kawat gigi, juga dikenal sebagai kawat gigi ortodontik, adalah perangkat gigi yang terutama digunakan untuk meluruskan atau memperbaiki keselarasan gigi. Alat ini direkomendasikan untuk pasien dengan gigi bengkok dan berjejal, serta underbite dan overbite. Kawat gigi memperbaiki penampilan wajah pasien dan memastikan perawatan mulut yang tepat lebih mudah dan lebih efektif. Oleh karena itu, alat ini dikenal dapat membantu pasien menjaga kesehatan gigi yang baik dalam jangka panjang.

Perawatan ortodontik dapat dilakukan pada pasien berusia 12 atau 13 tahun ketika semua gigi dewasa mereka sudah erupsi/tumbuh. Perawatan biasanya lebih efektif ketika dilakukan selama tahap ini, dibandingkan dengan ketika dilakukan pada usia dewasa. Untuk mendapatkan susunan gigi geligi yang rapi, gigitan yang harmonis serta senyum yang menarik, salah satu caranya adalah dengan menggunakan Dental Braces (Kawat Gigi).

Penggunaan Kawat gigi ortodontik (Dental Braces) diperuntukkan bagi kondisi :

  • Gigi bengkok
  • Gigi tidak sejajar atau asimetris
  • Overbite
  • Underbite (dalam bahasa Inggris)
  • Gigitan dalam
  • Gigitan terbalik
  • Gigitan terbuka
  • Gigi penuh sesak
  • Masalah rahang

Jenis-jenis Dental Braces

Pasien yang memerlukan perawatan ortodontik memiliki beberapa pilihan Kawat gigi ortodontik (Dental Braces), mencakup :

  1. Alat Ortodonti Lepasan: dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien, contoh : Alat Ortodonti Lepasan, Clear Aligner.
  2. Alat Ortodonti Cekat : Alat ini terpasang cekat pada gigi geligi, tidak bisa dilepas-pasang sendiri oleh pasien. Macam-macam alat ortodonti cekat :

– Alat Ortodonti Cekat Konvensional

– Alat Ortodonti Self-Ligating

– Lingual Appliances

  1. Alat Ortodonti Fungsional : Alat ini dapat berupa alat fungsional cekat atau lepasan.

Bagaimana Prosedur dilakukan?

Perawatan ortodontik dimulai dengan pemeriksaan gigi dan foto rontgen mulut. Ini dilakukan untuk mengetahui kondisi gigi pasien sehingga dokter spesialis orthodonti dapat membuat rencana perawatan gigi yang tepat untuk pasien. Dokter gigi kemudian akan membuat kawat gigi di laboratorium gigi dan memasangnya di gigi pasien setelah siap.

Kawat gigi akan bekerja dengan menggerakkan gigi secara perlahan ke arah atau posisi tertentu dengan memberikan tekanan, yang juga menyebabkan gigi penahan tulang di tempatnya berubah bentuk.

Kawat gigi logam tradisional memiliki beberapa komponen, yaitu:

  • Tanda kurung – Ini adalah benda persegi kecil yang terikat pada permukaan setiap gigi.
  • Pita – Pita ortodontik terbuat dari stainless steel atau bahan bening yang terikat pada gigi, membungkus setiap gigi untuk menahan braket di tempatnya.
  • Spacer – Ini adalah pemisah yang diposisikan di antara gigi.
  • Archwires – Ini melekat pada braket dengan karet gelang elastis kecil dan bertindak sebagai panduan untuk pergerakan gigi.
  • Ikatan – Ini adalah kabel karet kecil atau cincin yang menyatukan archwire dan braket.
  • Tabung bukal – Ini melekat pada pita gigi terakhir dan bertanggung jawab untuk menahan ujung archwire di tempatnya.

Manfaat Perawatan Ortodonti

  • Fungsi pengunyahan menjadi lebih baik
  • Mengurangi resiko gigi berlubang dan gusi berdarah karena setelah dilakukan perbaikan posisi gigi proses menyikat gigi akan menjadi lebih efektif
  • Menghindari resiko aus atau rusaknya mahkota gigi akibat kontak antar gigi yang tidak seimbang
  • Rasa percaya diri akan meningkat setelah susunan gigi menjadi rapi

Kamu memiliki susunan gigi yang tidak rapi atau gigitan yang tidak harmonis? Segera konsultasikan dengan Dokter Gigi Spesialis Ortodonti di Jakarta Dental Clinic, Rumah Sakit Jakarta yang akan melakukan pemeriksaan, mendiagnosa dan menentukan rencana perawatan serta tindakan ortodonti yang paling tepat untuk kamu. Informasi & pendaftaran dapat menghubungi Telp 021-5732241 atau via Whatsapp 0815 8551 2655.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.