Evaluasi Gambaran Struktur & Fungsi Jantung dengan Echocardiography

June 30, 2022 by admin0
1496059.jpg

Penyakit jantung masih menjadi ancaman global dan merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Lebih dari 17 juta orang di seluruh dunia meninggal karena penyakit kardiovaskular, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Untuk itu, sangat penting untuk mencegah faktor risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah dengan pemeriksaan Echocardiography atau USG Jantung. Pemeriksaan ini sangat diperlukan bagi seseorang yang mengalami gejala penyakit jantung, seperti nyeri dada atau lengan atas yang tidak diketahui penyebabnya, serangan jantung, kelainan jantung, atau riwayat penyakit jantung. Lalu seperti apa sih pemeriksaan Echocardiography ? seberapa penting sih pemeriksaan ini? dan bagaimana prosedurnya? Mari kita bahas satu persatu!

Apa sih Echocardiography?

Echocardiography merupakan jenis pemeriksaan yang memberikan gambaran dan merekam gambar jantung yang sedang berdenyut menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi untuk memvisualisasikan gambaran struktur dan fungsi jantung dilayar monitor, sehingga dokter dapat menganalisa keadaan bagian dalam jantung. Secara umum ada 4 jenis ecocardiography, namun yang paling sering dilakukan adalah Transthoracal Echocardiography.

Pentingnya Pemeriksaan Echocardiography

Echocardiography penting dilakukan dalam memeriksa ukuran ruang jantung apakah ada pembengkakan dan apakah ada kelebihan cairan di dalam kantong yang melindungi jantung. Selain itu, pemeriksaan ini juga penting untuk melihat kemampuan otot jantung dalam memompa darah dan melihat apakah ada kebocoran sekat-sekat yang memisahkan ruang di dalam jantung seperti yang ditemukan pada penyakit jantung bawaan. Echocardiography juga berfungsi untuk melihat adakah tumor atau gumpalan darah di dalam ruang-ruang jantung Anda sehingga bisa dilakukan pencegahan agar tidak terlepas bebas bersama aliran darah dan menyebabkan stroke bila menyumbat pembuluh darah otak. Dan pemeriksaan ini juga tidak kalah penting sebagai pemeriksaan awal fungsi jantung pada pasien dengan penyakit jantung yang akan dilakukan kemoterapi, sebab beberapa obat kemoterapi dapat melemahkan atau bahkan merusak fungsi otot jantung, serta dalam mendeteksi adanya kelainan jantung sejak bayi tersebut masih di dalam kandungan.

Gambaran Prosedur Transthoracal Echocardiography

  • Pasien dipersilahkan berbaring ditempat tidur dan melepas atau membuka baju.
  • Pemasangan kabel elektroda ECG sebagai monitor denyut jantung.
  • Dokter Jantung akan mengoleskan gel pelumas di sekeliling dada dan menggerakkan probe  (alat seperti mikrofon yang memancarkan gelombang suara frekuensi tinggi untuk mendapatkan gambaran struktur dan fungsi jantung) yang tersambung ke monitor.
  • Sambil dilakukan pemeriksaan, pasien dapat menyaksikan bagian dalam jantungnya melalui layar monitor sekaligus diberi penjelasan tentang keadaan jantungnya.
  • Pemeriksaan dilakukan selama 45 menit hingga 1 jam. Setelah selesai merekam gambar, perawat akan melepaskan sadapan EKG dan membersihkan gel yang ada pada kulit.

Echocardiography/USG jantung merupakan pemeriksaan dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi untuk menegakkan diagnosa sakit jantung. Tidak ada radiasi sinar Rontgen pada pemeriksaan USG jantung, sehingga teknologi ini aman digunakan berulang-ulang dan dalam jangka waktu pemeriksaan yang lama. Segera lakukan pemeriksaan jantung secara dini dan konsultasikan kepada Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah, Rumah Sakit Jakarta. Informasi & pendaftaran dapat menghubungi Telp 021-5732241 atau via Whatsapp 0815 8551 2655.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.