Protokol Kesehatan di Era ‘Adaptasi Kebiasaan Baru’

August 22, 2020 by admin4
protokol_kes.jpg

Pandemi COVID 19 saat ini belum juga dapat diredam secara tuntas. Berbagai protokol kesehatan telah dikeluarkan agar penyebaran virus tersebut dapat terhenti, namun sayangnya masih jauh dari harapan. Hal ini terjadi dikarenakan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan tersebut masih terbilang minim.
Sebagaimana diketahui update terbaru dari WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia bahwa COVID 19 juga dapat menular melaui udara atau airborne. Pada dokumen yang diunggah tanggal 09 Juli 2020, WHO mengatakan ada beberapa studi yang menyatakan adanya kemungkinan droplet berukuran sangat kecil (mikrodoplet) yang dihasilkan saat batuk, bersin ataupun berbicara dapat membuat virus ini bertahan lama di udara.
Selama ini Covid-19 dianggap bisa menular melalui paparan droplet (percikan liur) dari orang yang terinfeksi Covid-19 atau bisa juga dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi droplet lalu menyentuh wajah terutama bagian mulut, hidung dan mata.
Terkait cara penularan Covid-19 melalui udara, PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) menghimbau agar masyarakat tidak panik dan mengikuti protokol kesehatan tambahan seperti yang diimbau berikut ini :
1. Tetap waspada dan tidak panik.
2. Hindari keramaian baik itu tempat tertutup maupun tempat terbuka.
3. Gunakan masker di mana saja dan kapan saja bahkan dalam ruangan.
4. Ciptakan ruangan dengan ventilasi yang baik seperti, membuka jendela sesering mungkin.
5. Tetap jaga kebersihan tangan serta hindari menyentuh bagian wajah sebelum mencuci tangan.
6. Selalu terapkan jaga jarak pada aktivitas sehari-hari.
7. Bila menggunakan Face shield tetap harus menggunakan masker

Penggunaan masker tetap harus dilakukan, karena mikrodroplet tidak dapat dihalangi oleh faceshield. Penggunaan masker sebagai protokol kesehatan cukup efektif untuk mencegah transmisi virus jika dipakai dengan cara yang benar. Kesalahan yang sering dilakukan adalah:

1. Masker longgar
Hal ini cukup sering terjadi dikarenakan kurangnya kesadaran dalam memakai masker. Jika dipakai seperti ini, maka Virus Corona dapat tetap masuk. Pakailah masker dengan ukuran yang tepat dan bisa menutup hidung dan mulut secara sempurna.

2. Melepas masker
Hal lain yang masih sering terjadi adalah masker diturunkan atau dilepas saat berbicara. Harus diketahui bahwa saat sedang berada di kerumunan orang, masker tidak boleh dilepas sama sekali. Karena tujuan dari memakai masker adalah untuk melindungi orang lain. Tetap gunakan masker saat berbicara dengan orang lain meski Anda mengenal baik lawan bicara Anda.

3. Menurunkan masker sampai di bawah dagu
Hal ini juga sering terjadi dan dapat kita lihat terutama di tempat umum, Anda tidak tahu apakah ada Virus Corona yang menempel pada area bawah dagu. Jika Anda menurunkan masker sampai ke area itu dan menggunakan masker kembali, kemungkinan ada Virus Corona yang Anda hirup. Jika memang Anda harus melepas masker, lebih baik lepas masker tersebut dan masukkan ke wadah steril agar bisa dipakai kembali.
Selain 3 kesalahan memakai masker diatas, WHO juga mengingatkan agar masker tidak dipakai secara bergantian dengan orang lain dan jika menggunakan masker kain, maka anda harus mencuci masker kain tersebut setelah dipakai.


4 comments

  • admin

    September 8, 2015 at 10:44 am

    Nam liber tempor cum soluta nobis eleifend option congue nihil imperdiet doming id quod mazim placerat facer possim assum. Typi non habent claritatem insitam; est usus legentis in iis qui facit eorum claritatem. Investigationes demonstraverunt lectores legere me lius quod ii legunt saepius. Claritas est etiam processus dynamicus, qui sequitur mutationem consuetudium lectorum. Mirum est notare quam littera gothica, quam nunc putamus parum claram, anteposuerit litterarum formas humanitatis per seacula quarta decima et quinta decima. Eodem modo typi, qui nunc nobis videntur parum clari, fiant sollemnes in futurum.

    Reply

  • admin

    September 8, 2015 at 10:44 am

    Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore te feugait nulla facilisi.

    Reply

    • admin

      September 8, 2015 at 10:45 am

      Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

      Reply

      • admin

        September 8, 2015 at 10:45 am

        Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore te feugait nulla facilisi.

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi kami


021-5732241
Fax : 021-5710249


Jalan Garnisun No.1, Jalan Jend.Sudirman, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kec.Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930


marketing@rsjakarta.co.id
customer.relation@rsjakarta.co.id



Mobile Apps



Copyright © 2020 - www.rsjakarta.co.id All rights reserved.